Senin, 05 Maret 2012

Phalaenopsis amboinensis J.J.Smith.




Scientific Classification
Kingdom: Plantae ; Division: Magnoliophyta ; Class: Liliopsida ; Order: Asparagales ; Family:Orchidaceae ; Subfamily: Epidendroideae ; Tribe: Vandeae ; SubTribe: Aeridinae; Genus: Phalaenopsis ; Species: Phalaenopsis amboinensis J.J.Smith.
Synonyms : Phalaenopsis hombronii Finet 1912, Phalaenopsis psilantha Schltr. 1911, Polychilos amboinensis (J.J. Sm.) Shim 1982.
Phalaenopsis amboinensis terdiri dari dua tipe, yaitu tipe ambon dan tipe sulawesi. Kedua tipe tersebut berbeda pada warna dasar bunganya, tetapi warna luriknya sama. Warna dasar tipe sulawesi kuning, sedangkan tipe ambon berwarna putih. Batang pendek, daun tebal.elip.mengkilap dengan panjang sekitar 25 cm atau lebih,spike bunga panjang sekitar 10cm atau lebih.Bunga sangat wangi berukuran 4,5-5 cm,mekar tahan lama. Sesuai dengan namanya, anggrek Phalaenopsis amboinensis ini merupakan anggrek yang berasal dari Ambon (Kepulauan Maluku). Menurut sejarah, anggrek ini pertama kali ditemukan di Ambon oleh J.J. Smith pada tahun 1911. Daerah sebaran selain di ambon adalah Sulawesi dan PNG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar