Jumat, 20 Januari 2012

Dendrobium anosmum




Salah satu spesies anggrek yang begitu kuat aromanya adalah Dendrobium anosmum (syn. Dendrobium superbum). "Anosmum" berarti tanpa bau dalam bahasa Latin. Panjang pseudobulbs dapat mencapai 3 m.Namun,dalam budidaya pseudobulbs bahkan tidak mencapai 1 m.

Bila tumbuh baik bisa sepanjang 2m. Spesies ini memiliki bunga warna lembayung muda. Meskipun literatur mengatakan bahwa setiap node menghasilkan 1-3 bunga, namun ada pula sampai empat bunga pada satu node nya. Aroma bunga ada yg mengatakan seperti stroberi seperti halnya aroma dendrobium parishii. Bahkan bunga yang kering menyimpan aroma bunga untuk sesaat. Setelah bunga habis, node yang dekat dengan ujung pseudobulbs dekat bekas bunga muncul,akan mulai memproduksi keiki. Keiki ini dapat dipisahkan dari induknya sebagai tanaman baru setelah memiliki akar sepanjang 10 cm. Tanaman lebih indah bila digantung,karena pseudobulb yg lemah terkulai pada saat berbunga akan sangat indah.
Cahaya tinggi diperlukan agar berbunga maksimum. Pemberian air harus ditingkatkan bila tunas sisi pada node mulai membengkak sebagai pertanda akan munculnya bunga.
Bunga muncul pada pseudobulb yg sdh tua dan telah menggugurkan daunnya.
Jika pseudobulb tua memiliki beberapa daun hijau yang tersisa pada porsi yang lebih rendah, sebaiknya jangan dibuang karena daun ini untuk menyediakan makanan yang baru bagi perkembangan pseudobulbs muda lainnya.
Tanaman tergolong ke dalam Family : Orchidaceae ; Subfamily : Epidendroideae ;
Tribe : Podochilaeae ; Subtribe : Dendrobiinae ; Genus : Dendrobium ; Section : Spatulata ; Species : Dendrobium anosmum Lindley 1845
Synonym : Dendrobium superbum Rchb.f 1864; Dendrobium superbum var. huttonii Rchb.f 1869; Callista anosma O.Ktze.1891
Daerah penyebaran meliputi : Pilliphine, Indonesia, PNG, Thai & Vietnam
Dikutip dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar